Posts Subscribe to (PUT YOUR BLOG NAME HERE)Comments

Senin, 31 Agustus 2009

HI Amerika

UAS HI Amerika
1. Coba jelaskan latar belakang migrasi internasional bangsa eropa ke benua amerika!
Migrasi merupakan perpindahan orang dari daerah asal ke daerah tujuan. Keputusan migrasi didasarkan pada perbandingan untung rugi yang berkaitandengan kedua daerah tersebut. Tujuan utama migrasi adalah meningkatkan tarafhidup migran dan keluarganya, sehingga umumnya mereka mencari pekerjaan yang dapat memberikan pendapatan dan status sosial yang lebih tinggi di daerah tujuan Sejalan dengan pernyataan tadi Perbedaan terbesar yang mendorong terjadinya migrasi adalah kondisi ekonomi dan non ekonomi. berkaitan erat dengan hal tersebut, maka latar belakang migrasi yang terjadi di amerika pun dapat dihubungkan dengan kondisi ekonomi dan non ekonomi di daerah asal (atau dalam pembahasan ini adalah eropa).
Beberapa latar belakang tersebut antara lain:
a. Usaha kolonisasi bangsa Eropa terhadap wilayah ini, hal ini berkaitan dengan semboyan 3G; Gold, Glory, gospel pada abad penemuan. Semboyan ini berpegang pada 3 hal yaitu; Kemenangan menguasai wilayah (the Glory), mengeruk kekayaan alam sebesar-besarnya bagi kepentingan migran (the Gold), dan penyebaran agama (the Gospel).
b. Kondisi eropa pada abad pertengahan yaitu 14-18 masehi, sebagaimana telah diketahui pada abad-abad ini eropa tengah mengalami masa Renaisans atau dalam bahasa perancis disebut renaissance yang artinya adalah "Lahir Kembali" atau "Kelahiran Kembali". Yang dimaksudkan biasanya adalah kelahiran kembali budaya klasik terutama budaya Yunani kuno dan budaya Romawi kuno. Renaisans pertama kali diperkenalkan di Eropa Barat, di kawasan Italia. Hal ini dipicu kekalahan tentara salib dalam perang suci. Kekalahan tersebut membuat para pemikir dan seniman menyingkir dari Romawi Timur menuju Eropa Barat. Mereka menyadari telah dimulainya masa mesiu peledak dan untuk menguasai teknologi tersebut mereka harus melepaskan diri dari pengaruh mistisme zaman pertengahan dengan kembali kepada sains zaman klasik yang sebelumnya dilarang karena dianggap pelanggaran terhadap misi ketuhanan.
c. Jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Usmani juga makin mendorong mereka untuk mencari rempah-rempah sendiri. Mereka yang asalnya berdangang di sana pada saat itu hanya mau berdagang paling jauh di Italia (Genoa, Venesia, dll).

2. Jelaskan dampak kemerdekaan AS terhadap Amerika latin
Wilayah Amerika terdiri dari 13 koloni yaitu; Koloni Connecticut Koloni Delaware Provinsi Georgia Provinsi Maryland Provinsi Massachusetts Bay Provinsi New Hampshire Provinsi New YorkProvinsi New Jersey Provinsi North Carolina Provinsi Pennsylvania Koloni Rhode Island dan Provindence Plantation Provinsi South Carolina Koloni dan Dominion Virginia. Pada mulanya 13 koloni ini merupakan jajahan dari inggris, tepatnya kemudian Pada tahun 1776 Revolusi Kemerdekaan Amerika pecah dan Kongres Kontinental mengeluarkan Deklarasi Kemerdekaan dan memisahkan diri dari Kerajaan Inggris.
Dampak dari kemerdekaan AS terhadap daerah amerika spanyol adalah sebagai berikut:
a. Amerika mengobarkan kebencian bangsa Amerika Latin tersebut untuk menentang Eropa, serta memberi dukungan terhadap gerakan-gerakan kemerdekaan.
b. Amerika latin berusaha memperbaiki keadaan ekonominya, yang kemudian meminta bantuan kepada Amerika serikat, yang mengakibatkan dari segi ekonomi (pada waktu itu) amerika latin berhaluan kanan, yang pada tahun-tahun belakangan malah banyak merugikan amerika latin sendiri.

3. Jelaskan proses lahirnya doktrin Monroe
Doktrin Monroe adalah salah satu kebijakan Amerika serikat yang pertama kali dicetuskan oleh James Monroe presiden ke 5 Amerika serikat pada 2 desember 1823, yang berbunyi:
"Amerika Serikat menganggap segala campur tangan pihak luar dalam urusan negara - negara di benua Amerika sebagai (ancaman) bahaya terhadap keamanan dan keselamatannya".
Doktrin ini dicetuskan karena pada tahun-tahun sebelum 1823 di wilayah ini banyak terjadi intervensi terhadap AS oleh Negara-negara adidaya Eropa.

4. Jelaskan dampak runtuhnya doktrin Monroe terhadap kebijakan luar negeri AS diberbagai kawasan
Dengan tidak diberlakukannya lagi doktrin Monroe ini, secara tidak langsung berdampak terhadap kebijakan luar negerinya antara lain:
a. Amerika mulai terlibat dalam percaturan politik internasional. Dimulai dengan keterlibatannya dalam Perang Dunia II.
b. Amerika mulai menanamkan hegemoninya. Pasca perang Dunia II muncul dua blok yang sama-sama kuat yaitu AS dengan idiologi Liberalnya, dan Uni Soviet dengan idiologi Komunisnya. Pada masa-masa ini AS dan Uni Soviet terlibat dalam pertikaian idiologi, dan pertikaian ini dimenangkan AS.
c. Munculnya banyak perang-perang yang dilakukan Amerika latin untuk keluar dari imperialisme Amerika.

5. Jelaskan sikap Negara-negara latin terhadap kebijakan luar negeri AS tersebut!
Negara-negara latin dikarenakan pada tahun tersebut sedang berusaha keluar dari imperialisme eropa, dan meminta bantuan kepada Amerika, maka kemudian Amerika latin menjadi tergantung pada bantuan keuangan dan bantuan teknologi dari negara-negara industri seperti AS. Lepasnya Amerika Latin dari pengaruh Eropa membuat intervensi AS semakin meluas di Amerika Latin. Amerika Latin merupakan sumber bahan mentah sekaligus pasar bagi industri AS, dan untuk menyelamatkan investasinya banyak strategi yang harus dilakukan salah satunya dengan alasan menegakan stabilitas politik di negara-negara Amerika Latin membuat AS harus melakukan intervensi langsung ke Amerika Latin.

6. Jelaskan pengaruh Uni soviet dikawasan amerika latin
Uni soviet memiliki sejarah hubungan di kawasan Amerika latin, pembahasan ini dapat ditelaah semenjak kemenangan sekutu melawan Jerman pada PD I, dimana waktu itu AS dan Uni soviet masih menjadi sekutu.
Namun kemudian pada tahun 1947 munculah perang dingin antara AS dan Uni soviet, kedua belah pihak berbeda pendapat tentang bagaimana cara yang tepat untuk membangun Eropa pascaperang. Selama beberapa dekade selanjutnya, persaingan di antara keduanya menyebar ke luar Eropa dan merambah ke seluruh dunia termasuk pula amerika latin.
Amerika latin pada saat itu sedang membutuhkan banyak modal untuk memfasilitasi negaranya yang baru merdeka, sehingga Amerika latin membiarkan AS untuk masuk lebih dalam di Amerika latin, tetapi Uni soviet menyebarkan ideology sosiaisnya, yang lebih mengutamakan kebersamaan.

Categories



Widget by Scrapur

0 komentar:

Posting Komentar

 
Dark Side Blogger Template Copyright 2009 - AdiLucky is proudly powered by Blogger.com Edited By Belajar SEO