Posts Subscribe to (PUT YOUR BLOG NAME HERE)Comments

Senin, 31 Agustus 2009

HI Afrika

1. Jelaskan Pengaruh Imperialisme yang sangat lama terhadap bangsa Afrika
Imperialisme yang terjadi di daratan afrika sudah berlangsung sangat lama, berbicara mengenai hal tersebut dapat dimulai dari sejarah orang-orang asli afrika yaitu suku masai, khoi, san, bushman, xhosa, dan zulu. Suku-suku ini tersebar di afrika bagian utara hingga bagian barat, suku masai di afrika timur, khoi, san, bushman, xhosa, dan suku zulu di afrika selatan.
Imperialisme terhadap suku-suku tadi bermula oleh para penjelajah Belanda pada tahun 1652. Pada saat itu Inggris juga berminat dengan daerah ini, terutama setelah penemuan cadangan berlian yang melimpah, kemudian terjadi migrasi besar-besaran penduduk Inggris dan Belanda yang selanjutnya membentuk koloni di daerah suku-suku tadi. Selanjutnya negara-negara eropa tadi melakukan kolonialisme dan sekaligus imperialisme yang mengakibatkan kompleksitas permasalahan:
a. Banyaknya negara miskin di benua ini seperti; uganda, ethiopia, rwanda, zimbabwe, botswana, tanzania, burundi dll yang terjerat hutang luar negeri. Negara-negara tadi dapat dikategorikan dalam negara yang memiliki angka inflasi hyperinflation (>100%), artinya hutang negara tersebut 2x atau bahkan lebih besar dari pendapatan bruto dari negara tersebut.
b. Menghadapi Pandemic HIV/ AIDS, benua ini merupakan kawasan penderita terbanyak dan terbesar di dunia. Pada tahun 2005 saja tercatat lebih dari 2 juta orang meninggal dunia akibat penyakit ini.
c. Konflik dan krisis kemanusiaan, salah satunya yang terjadi di Sudan. Sejak terjadinya konflik di Darfur tahun 2003 telah tercatat lebih dari 450.000 orang meninggal dunia dan lebih dari 2,5 Juta orang mengungsi karena konflik dan krisis yang berkepanjangan.
d. Banyaknya Negara-negara di miskin Afrika yang melakukan tindakan korup, hal ini dapat terlihat melalui beberapa fenomena yang ada; Para keluarga di Kamerun, Ghana, dan Nigeria tampaknya sangat menderita karena uang yang harus mereka sisihkan dari pendapatan mereka untuk melakukan suap sangat tinggi, antara seperlima hingga sepertiga dari pendapatan perkapita mereka. Selain itu ditemukan Para keluarga atau rumah tangga di Kenya, Moldova, Togo, dan Ukraina harus menyisihkan 10 sampai 20 persen pendapatannya untuk membayar suap. (Sumber: Transparency International Global Corruption Barometer 2005)

2. Jelaskan apa yang dihadapi oleh bangsa afrika setelah merdeka
Pasca kemerdekaan negara-negara di afrika yang rata-rata merdeka setelah tahun 1960an banyak masalah-masalah yang kompleks diberbagai bidang antara lain di bidang ekonomi, politik. Berikut akan dipaparkan permasalahannya:
a. Masalah ekonomi; Banyaknya negara-negara afrika yang termasuk dalam kategori negara miskin, sekaligus memiliki hutang yang sangat banyak
b. Masalah politik; ada 2 masalah politik yang dihadapi yaitu masalah politik sukuisme seperti yang sekarang dihadapi negara afrika selatan dengan kasus pemilihan zuma. Selanjutnya ada permasalahan politik yang kedua yaitu adanya politik apartheid, Hukum apartheid sendiri dicanangkan pertama kali di Afrika Selatan, politik apartheid sendiri dapat diartikan yaitu sistem pemisahan ras yang diterapkan oleh pemerintah kulit putih di Afrika Selatan dari sekitar awal abad ke-20 hingga tahun 1990.

3. Jelaskan berbagai konflik internal yang terjadi di benua afrika
Ada banyak konflik khususnya internal yang telah terjadi di benua afrika, sebagian besar konflik bersenjata itu bersumber dari faktor-faktor internal, seperti dialami oleh Angola, Somalia, Rwanda, Burundi, Liberia, Sudan, dan Sierra Leone. Berikut beberapa deskripsi mengenai beberapa konflik tadi:
a. Perang Saudara Angola dimulai di Angola setelah berakhirnya Perang Kemerdekaan Angola dari Portugal tahun 1975. Perang ini berubah menjadi konflik Perang Dingin, antara dua faksi Angola, faksi Komunis yang didukung Uni Soviet dan anti-Komunis yang didukung oleh Amerika Serikat.
b. Perang Somalia adalah konflik bersenjata di Somalia yang melibatkan Ethiopia dan Pemerintahan Transisi Federal Somalia melawan militan Islam, Organisasi Payung, Islamic Court Union (ICU), dan milisi lainnya. Perang secara resmi dimulai pada tanggal 21 Desember 2006, ketika pemimpin ICU, Sheik Hassan Dahir Aweys, mendeklarasikan "Somalia berada pada perang, dan semua bangsa Somalia harus ikut bertempur melawan Ethiopia".
c. Pembantaian di Rwanda, yang di dunia internasional juga dikenal sebagai genosida Rwanda, adalah sebuah pembantaian 800.000 suku Tutsi dan Hutu moderat oleh sekelompok ekstrimis Hutu yang dikenal sebagai Interahamwe yang terjadi dalam periode 100 hari pada tahun 1994.
d. Perang Saudara Liberia Pertama adalah konflik di Liberia dari tahun 1989 sampai tahun 1996. Pada pertengahan tahun 1990, perang saudara meletus. Akibat perang ini, Pemerintahan Samuel Doe dijatuhkan, dan Charles Taylor dipilih sebagai Presiden Liberia.
e. Perang Saudara Liberia Kedua adalah perang saudara yang terjadi tahun 1999 ketika grup pemberontak yang dibantu oleh pemerintah Guinea, Liberians United for Reconciliation and Democracy (LURD), muncul di Liberia utara. Pada awal tahun 2003, grup pemberontak kedua, Movement for Democracy in Liberia, muncul di selatan, dan pada Juni-Juli 2003, pemerintahan Charles Taylor hanya menguasai 1/3 negara. Ibukota Liberia, Monrovia dikepung oleh LURD, yang menyebabkan kematian banyak penduduk.
f. Perang Saudara Sudan (terkadang disebut Anyanya II) dimulai tahun 1983. Perang ini terjadi di Sudan Selatan dan merupakan salah satu perang terpanjang dan mematikan pada abad ke-20. Secara kasar, 1.9 juta penduduk tewas di Sudan selatan, dan lebih dari 4 juta penduduk terpaksa mengungsi. Jumlah kematian dalam perang ini merupakan salah satu yang terbesar setelah Perang Dunia I.


4. Jelaskan apa yang membedakan antara bangsa afrika bagian utara dengan ras atau etnik afrika bagian lainnya
Bangsa afrika utara adalah daerah di benua Afrika di mana budaya dan penduduknya berbeda dengan daerah di Afrika lainnya. Penduduk Afrika Utara sebagian besar termasuk ras kulit putih dan merupakan penutur bahasa Afro-Asia. Mereka sebagian besar juga beragama Islam Negara-negara Afrika Utara seringkali juga disebut sebagai negara-negara Maghreb.

5. Jelaskan dampak rendahnya SDM dalam bidang pendidikan terhadap perkembangan bangsa afrika dalam segala hal
Rendahnya SDM dalam bidang pendidikan memberikan dampak buruk terhadap perkembangan negara-negara afrika, misalnya dalam hal kesehatan; seperti pada saat sekarang dengan lemahnya pengawasan kesehatan yang ada disana sehingga afrika tercatat sebagai negara dengan negara yang paling terpengaruh dari penyebaran virus ini. Benua Afrika didiami oleh 10% dari jumlah populasi dunia namun disaat yang sama 60% dari jumlah populasinya mengidap AIDS.
Selain masalah kesehatan, tentu saja masalah yang paling terpengaruh adalah masalah perkembangan ekonomi politik dikawasan ini; yaitu rendahnya investasi di benua Afrika, citra internasional terhadap negara-negara Afrika yang biasanya negatif, sarana jaringan listrik yang belum memadai di berbagai bagian Afrika.

Categories



Widget by Scrapur

0 komentar:

Posting Komentar

 
Dark Side Blogger Template Copyright 2009 - AdiLucky is proudly powered by Blogger.com Edited By Belajar SEO